Allah Always With Us

aku -dan mungkin kalian- seringkali berpikir “Allah tuh gak adil. kenapa coba mesti aku yang harus mengalami ini semua. jelek amat sih nasibku” ketika sedang ditimpa musibah. cuma karena Allah mengujiku dengan sebuah masalah kecil, aku sering berpikir bahwa Dia begitu jahat. berbagai pikiran buruk meracuni otakku. hidup itu kejam, Allah itu gak sayang sama aku, dan berbagai pikiran lain yang sangat egois.

tapi ketika aku bertemu dengan ‘mereka’, mataku perlahan mulai terbuka. ‘mereka’ adalah orang-orang yang kutemui -atau mungkin sengaja dipertemukan denganku oleh Dia- di kereta, di pinggir jalan, di kolong jembatan, dan lain-lain. aku ambil salah satu lokasi yakni kereta api, misalnya.

dalam kereta yang kunaiki biasanya, terdapat ratusan orang yang menggunakan jasa transportasi ini. di antara mereka ada yang duduk sambil membaca, tiduran sambil menyandarkan kepala di kaca jendela, ngobrol dengan penumpang lain, main hape, makan cemilan, dan lain-lain. aku memandang sekeliling, menamatkan ekspresi mereka satu persatu.

dari luar, mereka tampak biasa. aku sama sekali gak bisa menerjemahkan makna dibalik ekspresi mereka. belum tentu ketika mereka tertawa, artinya mereka bahagia. karena manusia adalah makhluk yang paling pintar menyembunyikan perasaan mereka. bisa jadi orang yang terlihat kuat luarnya, ternyata dalamnya rapuh. demikian juga sebaliknya.

dari situ aku berpikir, “mereka pasti juga punya masalah. hidupnya pasti juga gak mudah. ternyata bukan aku satu-satunya orang yang paling menderita sedunia. ampuni aku ya Allah.”

aku jadi teringat kultum singkat sehabis sholat magrib tadi. di tempatku, setiap hari minggu emang selalu ada ceramah singkat setelah sholat magrib berjamaah di masjid. aku mendengarkan kultum khatib dengan seksama. aku manggut-manggut dibuatnya. meskipun cara penyampaiannya agak membosankan, namun isinya mengena.

intinya, Allah selalu sayang sama kita. Dia memberi kita nikmat yang berlimpah berupa kesehatan, harta, dan lain sebagainya. permasalahannya, kita lah yang sering melupakan-Nya. ketika kita sedang dalam keadaan berbahagia, kita lupa untuk senantiasa bersyukur kepada-Nya. kita lupa bahwa semua nikmat ini datangnya dari Sang Pencipta.

berbeda ketika kita dirundung masalah. saat kita gak berdaya, saat kita lemah, saat itu pula dengan cepat kita ingat akan Yang Maha Kuasa. kita baru mengerti arti sesuatu ketika kita kehilangan. kita baru tau nikmatnya sehat ketika kita sakit. pun demikian dengan nikmat-nikmat yang lain.

lumrah ketika sedang ditimpa bencana, manusia ingat kepada Tuhannya. namun alangkah lebih baiknya jika ketika bahagia maupun merana, suka maupun duka, kapanpun dimanapun dan dalam keadaan bagaimanapun, kita selalu ingat dan bersyukur kepada-Nya. mengapa kita melupakan Dia sementara Dia bahkan gak pernah sedetikpun melupakan kita? mengapa kita sering meninggalkan Dia sedangkan Dia senantiasa bersama kita?

orang yang sedikit ilmu agamanya maka akan celaka. dia akan berlaku sombong dengan apa-apa yang dimilikinya. orang yang mengerti akan agama, maka akan semakin menyadari bahwa manusia bukanlah apa-apa dibanding Sang Pencipta. maka dengan demikian, kita diwajibkan untuk tunduk dan patuh terhadap-Nya. semakin seseorang mengerti akan sesuatu, maka semakin berhati-hati ia dalam melangkah.

maka jangan pernah kita membanggakan diri kita. apapun yang terjadi, semua adalah karena campur tangan Yang Maha Kuasa.

ya Allah, ampuni hamba karena sering mengaduh dan mengeluh. ampuni hamba karena kurang bersyukur atas karunia-Mu. namun sebagai insan yang mengharap ridho-Mu, berilah hamba ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan semoga setiap amalan yang hamba perbuat senantiasa Engkau ridhoi. amin🙂

About chyztha

i'm a woman who has goals, idol, and guidelines for living | my goals : ALLAH | my idol : Prophet Muhammad SAW | my guidelines : Al-Quran and Hadith

Posted on July 11, 2012, in Uncategorized and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

